Penjelasan (Fungsi PBX, Tipe-Tipe PBX, dan Foto-Foto PBX), Penjelaskan (cara kerja server softswitch dengan PBX, dengan gambar dan urutan kerja), Penjelasan konsep ekstensi dan dial-plan server softswitch pada asterix, Penjelasan (Cara konfigurasi ekstensi dan dial-plan server softswitch pada asterix), Menjelaskan, Menentukan cara instalasi, dan cara instalasi Session Initiation Protocol (SIP)




1. Pengertian PBX

PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yeng melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepone perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.

BX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN - public switched telephone network) melalui trunk , yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office) . Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain.

PBX dibedakan dari 'sistem kunci' yang di lakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor tujuan , maka dari itu secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna . System ini disebut Hybrid System.

2. Fungsi Kerja PBX
  • Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
  • Menyediakan layanan akuntasi untuk kepentingan.
  • Menjaga sambungan selama menggunakan telepom.
  • Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
  • Layanan otomatis panggilan.
3. Tipe-Tipe PBX
  • PABX Digital
  • PABX Analog
  • PABX Hybird
  • IP PABX
4. Foto-Foto PBX

Image result for foto foto pbx


Image result for foto foto pbx

Related image

5. Cara kerja server softswitch dengan PBX dengan gambar dan urutan kerja

Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.


6. Menjelaskan konsep ekstensi dan dial-plan server softswitch

Extension adalah sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan-urutan dari tingkat prioritasnya. Berbeda dengan PABX, dimana extension biasanya berasosiasi dengan telepon, interface atau menu. Beberapa perintah, seperti Dial atau Gotolf, mempunyai kemampuan untuk berjalan ke perintah lain berdasarkan kondisinya.

Dalam extension asterisk sintax digunakan di file extension.conf, setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format seperti exten = extension, priority, Command (parameter).

Kesimpulannya, setiap "Context" memiliki nama, setiap context dapat mendefinisikan satu atau lebih "extension". Didalam extension kita dapat memasukkan sekumpulan perintah.

Komponen yang membangun tahapan perintah extension:
  • Extension adalah label dari extension, dapat berupa string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon.dan setiap bagian dari extension harus memiliki label yang sama.
  • Priority biasanya berupa angka integer. Adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang dijalankan harus dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka  asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.dan seterusnya.
  • Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
  • Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command atau peritnah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Dial-plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal), maupun antar IP_PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial-Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum setiap dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.

7. Cara konfigurasi ekstensi dan dial-plan server softswitch pada asterix
  •  Konfigurasi Ekstensi Server Softwitch

    Konfigurasi Data Account Umum : 

    [general]  -->> context umum,harus ada
    context=default  -->> nama context user
    port=5060      -->> default port untuk SIP
    binaddr=0.0.0.0   -->> listen semua ip_addr yg request
    srvlookup=yes
    tos=0x18
    videosupport=yes

    Konfigurasi Data Account User / Extensions : 

    ;softphone    -->> nama atau nomor account
    [101]       (user/extension)
    type=friend    -->> tipe account
    username=101  -->> login account
    secret=101  -->> password account
    host=dynamic  -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah
    nat=no      -->> tanpa NAT
    dtmfmode=rfc2833  -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals
    allow=all  -->> mode codec, bisa semua jenis codec
    callerid=”sip00”  -->> id client
    context=voipkn  -->> context jaringan user
    canreinvite=no   -->> mekanisme canreinvite
    mailbox=101@voipkn  -->> username@context
     
  • Konfigurasi dial-plan server Softwitch

    Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan  mengetik:
    nano /etc/asterisk/extensions.conf.

    Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini
    pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.

    ;Dial antar ekstensi pada IP-PBX
    [voipkn]  -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
    exten =>101,1,Dial(SIP/101,20)  -->> Dial ext 101 dengan protokol  SIP, time out 20 detik
    exten =>101,2,Hangup  -->> setelah timeout dilakukan hangup
    exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)
    exten =>102,2,Hangup
8. Penjelasan Session Initiation Protocol (SIP)

SIP adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Tr ansport Protocol) untuk transfer data secara real-time , dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Meskipun demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.

Pembangunan suatu komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap :
  • User location : menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
  • User availability : menentukan tingkat keinginan pihak yang dipanggil untuk terlibat dalam komunikasi.
  • User capability : menentukan media maupun parameter yang berhubungan dengan media yang akan digunakan untuk komunikasi.
  • Session setup : “ringing”, pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dan pihak yang dipanggil.
  • Session management : meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi.

9. Menentukan cara Instalasi Session Initiation Protocol (SIP)

Bagi mereka yang ingin membuat sendiri sentral telepon Internet berbasis Session Initiation Protocol (SIP) seperti yang di kembangkan oleh VoIP Rakyat di http://www.voiprakyat.or.id, maka berikut ini adalah beberapa tip singkat untuk membangunnya. Teknologi SIP ini yang akan di adopsi oleh para operator telekomunikasi di Indonesia. Tampaknya yang mulai siap salah satunya adalah XL, yang mungkin akan di ikuti oleh Indosat.
Bagi mereka yang ingin membuat sendiri sentral telepon Internet berbasis Session Initiation Protocol (SIP) seperti yang di kembangkan oleh VoIP Rakyat di http://www.voiprakyat.or.id, maka berikut ini adalah beberapa tip singkat untuk membangunnya. Teknologi SIP ini yang akan di adopsi oleh para operator telekomunikasi di Indonesia. Tampaknya yang mulai siap salah satunya adalah XL, yang mungkin akan di ikuti oleh Indosat.

Sebetulnya tidak banyak yang harus di instalasi untuk menjalankan Asterisk secara minimal sekali, yang hanya mempunyai fungsi untu
  • Authentikasi user dengan nomor telepon & password.
  • Dial plan, untuk mengatur apa yang harus dilakukan untuk call ke sebuah nomor tertentu.
  • ENUM, agar Asterisk nantinya mengenali nomor +62XXX
Peralatan yang dibutuhkan adalah :
  •       Sebuah PC Linux, saya sendiri menggunakan Fedora Core 6
  •       Sambungan LAN
  •       Sambungan Internet.
10. Cara Instalasi Session Initiation Protocol (SIP)

Pada umumnya ada 3 tahapan implementasi SIP yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Menghubungkan SIP Proxy ke existing PBX
  • Migrasi User dan terminal ke SIP Proxy
  • Migrasi koneksi ke PSTN dari existing PBX ke SIP
Step  1  : Tahap pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1. Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
Step  2 : Tahap selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handsetyang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Step 3 : Tahap 3 adalah melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet. Banyak  operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers. 

Komentar

  1. MasterCeme, Agen CEME IDNPLAY Terpercaya di INDONESIA
    masterceme.com
    HOT PROMO :
    - THR akhir Tahun 2019
    - Referral 20%
    - Cashback 0.3%
    - Bonus Deposit Harian 5.000 / hari

    Link Alternatif :
    masterceme.info
    masterceme.net

    WA: +85578968600
    Line : Masterceme

    BalasHapus
  2. Your blog is very useful and adds insight for me. Thank you for sharing.

    Regards,
    www.iwasconfused.com

    BalasHapus

Posting Komentar